Hukum Cara Membaca Ikhfa Syafawi Yang Benar

Cara Membaca Ikhfa Syafawi – Kembali lagi pada kesempatan ini saya ingin sedikit membahas tentang ilmu tajwid, dimana ilmu tajwid yang akan coba saya bahas hari ini ialah hukum Ikhfa Syafawi. Sebelum saya membahas tentang hukum ikhfa syafawi itu sendiri, saya ingin menjelaskan tentang Ilmu Tajwid. berdasarkan ilmu Qiraah, Tajwid adalah mengeluarkan huruf dari tempatnya dgn memberikan sifat – sifat yg dimilikinya. Sehingga Ilmu Tajwid adalah suatu ilmu yang membahas bagaimana cara mengucapkan huruf-huruf yang terdapat didalam Al Qur’an.

Didalam Ilmu Tajwid itu sendiri terdapat beberapa bagian atau hukum, diantaranya ialah Hukum mim mati, Hukum mim dan nun tasydid, hukum alif lam makrifah, hukum idgham dan masih ada beberapa hukum lainnya. Nah dari hukum – hukum itulah yang menjadikan kita harus membaca Al Qur’an sesuai dengan hukum yang ada, karena jika kita membaca Al Qur’an tidak sesuai dengan hukum bacaannya, maka makna atau arti dari bacaan tersebut akan berbeda.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati didalam melafadzkan bacaan Al Qur’an, agar makna atau arti dari kalimat yang dibacakan itu tepat atau sesuai. Sehingga bagi anda yang sekiranya masih belum cukup memahami akan cara membaca Al Qur’an yang benar, alangkah baiknya apabila anda memahami terlebih dahulu ilmu tajwid. Supaya bacaan Al Qur’an anda menjadi lebih baik. Dan salah satu ilmu tajwid yang dapat anda pelajari ialah Ikhfa Syafawi.

Untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui penjelasan lengkap mengenai hukum Ikhfa Syafawi dan bagaimana cara membacanya atau contoh ikhfa syafawi itu, maka anda harus melihat pembahasan yang akan saya berikan hari ini secara lengkap. Agar anda dapat memahami bagaimana cara membaca ikhfa syafawi itu. Untuk anda yang sekiranya merasa ingin mengetahui secara lengkap bagaimana hukum ikhfa syafawi itu sendiri, silahkan anda melihat pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membaca Ikhfa Syafawi Yang Benar

Cara Membaca Ikhfa Syafawi Yang Benar

Pengertian Ikhfa Syafawi adalah salah satu dari hukum mim mati yang terdapat didalam Tajwid Al Qur’an. Hukum Ikhfa Syafawi adalah mim mati (مْ) yang bertemu dengan huruf ba (ب). Ikhfa memiliki makna menyamarkan atau samar – samar, sedangkan Syafawi maknanya bibir. Sehingga cara membaca ikhfa syafawi adalah dengan cara samar – samar dibibir serta didengungkan. Pada saat mengucapkan huruf mim itu bibir atas dan bawah dalam keadaan menempel atau bertemu, sehingga akan menghasilkan suara yang samar-samar.

Contoh Ikhfa Syafawi

اِنَهُمْ بِدَالِكَ dibaca “innahumm bidzaalika”
تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ dibaca “tarmiihimmm bihijaarotin”
لِكُمْ بَلَاءٌ dibaca “lakummm balaaaaaa um”
وَمَاهُمْ بِخَارِجِيْنَ dibaca “wa maa hummm bikhoorijiina”

Demikian itu sedikit pembahasan tentang Hukum Cara Membaca Ikhfa Syafawi Yang Benar dari saya, mudah – mudahan saja dari sedikit pembahasan yang baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat menambah pengetahuan bagi anda seputar ilmu tajwid. Dengan anda lebih memahami ilmu tajwid, maka anda akan dapat membaca Al Qur’an dengan lebih benar dan maka atau arti dari bacaan yang anda baca tentunya akan sesuai dengan yang ada didalam Al Qur’an.

Sedangkan bagi anda yang sekiranya ingin mengetahui kembali beberapa ilmu tajwid yang sekiranya belum anda ketahui, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk coba kembali melihat Cara Membaca Idgham Bighunnah yang telah saya bahas beberapa waktu lalu. Barang kali saja ada diantara anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara membaca hukum idgham bighunnah itu seperti apa. Maka dari itu tidak ada salahny bagi anda untuk kembali melihat pembahasan yang telah saya berikan sebelumnya.

Leave a Reply